Tugas Mata Kuliah Riset Teknologi
Informasi
RANCANG
BANGUN SISTEM INFORMASI RESERVASI GEDUNG PERNIKAHAN BERBASIS WEBSITE
(studi
kasus : Tarub wedding organizer)
1.
Latar
belakang
Wedding
organizer adalah suatu jasa khusus yang secara pribadi
membantu calon pengantin dan keluarga dalam perencanaan dan supervisi
pelaksanaan rangkaian acara pesta pernikahan sesuai dengan jadwal yang telah
ditetapkan.
Tarub wedding organizer hadir untuk membantu memenuhi kebutuhan dalam
persiapan pesta pernikahan, awal berdirinya Tarub wedding organizer pada 12 desember 2012, pada saat itu sedang mengerjakan penikahan
masal yang dilakukan secara professional
. Sekarang ini, Tarub wedding organizer
sangat memerlukan sebuah website yang
dapat melakukan reservasi dengan
mudah, efisien, juga bermanfaat bagi Tarub wedding
organizer maupun pelanggannya.
Selama ini di Tarub wedding organizer belum mempunyai sistem
reservasi secara online. Permasalahan yang ada pada Tarub wedding organizer dalam melayani pelangganya untuk melakukan reservasi gedung pernikahan yaitu dari
pihak Tarub wedding organizer sendiri yang mendatangi gedung-gedung yang ada di
Yogyakarta dan mengecek persediaan gedung yang kosong pada hari tertentu yang
dibutuhkan oleh pelangannya.
Oleh karena itu, penelitian ini
dilakukan untuk membantu dalam membuat suatu website reservasi gedung
pernikahan yang mampu digunakan secara online
untuk memudahkan dalam memilih gedung pernikahan, melakukan reservasi secara online, dan dapat menampilkan daftar orang yang telah melakukan reservasi gedung pernikahan secara online dipihak Tarub wedding organizer.
2.
Rumusan
Masalah
Rumusan masalah yang didapat dari
latar belakang diatas yaitu bagaimana menciptakan sebuah website yang mampu
memudahkan orang dalam melakukan reservasi
gedung pernikahan secara online,
dapat menampilkan daftar orang yang telah melakukan reservasi gedung pernikahan secara online dipihak Tarub wedding organizer.
3.
Batasan
Masalah
Batasan-batasan masalah yang
diambil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.
Pengunjung website dapat melakukan reservasi gedung.
b.
Pengunjung website dapat menentukan
jadwal penggunaan gedung.
c.
Pengunjung website melihat gedung
beserta deskripsinya.
d.
Administrator web melakukan pengelolaan
atau management website.
4.
Tujuan
Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk
membuat sebuah website yang mampu memudahkan orang dalam melakukan reservasi gedung pernikahan secara online, dapat menampilkan daftar orang
yang telah melakukan reservasi gedung
pernikahan secara online dipihak
tarub wedding organizer.
5.
Manfaat
Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan manfaat bagi instansi. Mafaat-mafaat tersebut antara lain:
a.
Untuk administrator Tarub wedding organizer, diharapkan website
ini akan mempermudah pekerjaan mereka terutama yang berkaitan dengan reservasi gedung pernikahan dan
menggetahui daftar orang yang telah melakukan reservasi.
b.
Untuk pengunjung website ini yaitu dapat
memilih gedung pernikahan sesuai dengan fasilitas dan memudahkan dalam
melakukan reservasi gedung.
6.
Kajian
Hasil Penelitian
Chistanto, dkk (2011) melakukan
sebuah penelitian dengan membuat sebuah sistem resevasi foodcourt
berbasis web dengan koneksi wifi. Sistem
ini digunakan untuk melakukan reservasi
dan mengecek ketersedian menu. Cara kerja sistem yaitu, waitress melakukan new order sampai masakan selesai diproses
dan disajikan, hingga akhirnya pelanggan melakukan transaksi pembayaran di
kasir.
Damanik (2011) juga melakukan
sebuah peneliltian dengan membuat aplikasi reservasi
kamar hotel berbasis web untuk memberikan informasi tentang layanan hotel yang
tersedia seperti: mencari informasi hotel,dan ketersediaan kamar hotel yang
dikunjungi. Aplikasi ini juga membuat bebagai macam laporan untuk membantu
petugas front office dalam menangani keadaan kamar yang dipesan
oleh tamu, ataupun pengunjung hotel, atau membantu manager hotel untuk memantau operasional atau kemajuan hotel secara
cepat dan tepat. Cara kerja sistem yaitu pelangan melakukan pemesanan kamar
hotel melalui website. Kemudian pelanggan
melakukan pembayaran dan mencetak bukti pembayaran hingga akhirnya resepsionis
melakukan konfirmasi pemesanan.
Jumatika (2013) melakukan sebuah
penelitian dengan membuat sistem informasi reservasi
kamar hotel online pada wisma tapak gajah menggunakan php dan mysql. Sistem
ini berfungsi untuk lebih memudahkan
resepsionis dalam pengolahan data reservasi
dan mempermudah pengguna untuk memesan kamar tanpa harus pergi ketempat
penginapan. Cara kerja sistem yaitu pelangan melakukan pemesanan kamar hotel
melalui website lalu resepsionis
melakukan konfirmasi pemesanan. Hingga akhirnya pelanggan melakukan pembayaran
dan mencetak bukti pembayaran.
Pada penelitian yang akan dilakukan
ini, basis sistem yang akan digunakan sama seperti yang digunakan pada
penelitian-penelitian di atas, yaitu menggunakan basis website dan dikembangkan
menggunakan bahasa pemrograman PHP dan pada database
server menggunakan MySQL. Kemudian yang menjadi pokok permasalahan pada
penelitian ini juga sama seperti penelitian sebelumnya yaitu menangani masalah reservasi secara online. Tapi pada penelitian ini, masalah yang ditangani selain reservasi secara online yaitu menangani jadwal penggunaan gedung.
7.
Metodologi
Penelitian
Pengembangan website pada
penelitian ini menggunakan proses-proses sebagai berikut :
7.1.
pengumpulan
data dilakukan untuk mendapatkan data yang akan digunakan dalam proses
pembuatan website. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu :
a.
Wawancara
Wawancara
dilakukan secara langsung kepada 2 orang yaitu Arfati sebagai Project dan External manager pada Tarub Wedding
Organizer, dan Prima sebagai Internal
manager yang mengelola IT. Dengan wawancara ini akan diperoleh data
tentang kebutuhan sistem yang sesuai dengan keinginan pengguna website.
b.
Observasi
Observasi
dilakukan dengan cara mengamati secara langsung proses bisnis yang terjadi di
Tarub Wedding Organizer. Pada tahap
observasi ini akan didapatkan data berupa alur kerja yang akan digunakan pada
aplikasi yang akan dibangun.
c.
Studi literatur
Pengumpulan
data juga dilakukan melalui studi literatur dengan membaca buku,jurnal, dan
beberapa referensi lain yang akan digunakan untuk membantu proses pembuatan
website. Data-data yang diperoleh dengan studi literature misalnya materi tentang
Reservasi,PHP,MySQL, dan lain-lain.
7.2. Analisis
dan Desain
Setelah
dilakukan proses pengumpulan data, tahap selanjutnya yaitu tahap analiasis dan
desain. Pada tahapan ini, data-data yang diperoleh melalui wawancara dan
observasi akan diolah dan dianalisis sehingga bisa ditentukan kebutuhan sistem,
fitur serta fungsi yang akan ada pada website Tarub Wedding Organizer kemudian masuk tahap desain. Tahap desain tersiri
dari tiga proses yaitu desain antarmuka, desain database, dan desain sistem.
a.
Desain antaramuka
Desain
antarmuka dilakukan untuk membuat suatu rancangan antarmuka yang baik, dan
sesuai dengan apa yang diminta pengguna website.
b.
Desain database
Desain
database dilakukan untuk merancang
table-tabel yang akan digunakan untuk menyimpan data yang dibutuhkan website
ini. Beberapa tabel yang digunakan misalnya tabel reservasi untuk menyimpan
data pesananan, tabel user untuk menyimpan data user (administrator) beserta akun yang digunakan karyawan untuk
masuk ke website.
c.
Desain sistem
Desain
sistem dilakukan dengan membuat Unified Modelling Language dengan beberapa
diagram seperti Use Case Diagram, Class Diagram Diagram, dan Activity Diagram.
7.3. Pembangunan
Program
Setelah
melalui tahap analisis dan desain, tahap berikutnya yaitu tahap pembangunan
program guna merealisasikan analisis dan desain tersebut ke dalam sebuah bentuk
website nyata. Untuk membangun program tersebut menggunakan tools sublime text
3, Apache, serta database server menggunakan MySQL.
7.4.
Pengujian
Setelah
website selesai direalisasikan melalui tahap pembangunan program, maka perlu
dilakukan pengujian. Tahapan ini dilakukan untuk mengetahui apakah sistem yang
dibuat telah memenuhi fungsi-fungsi bisnis pada tahap analisis dan desain.
7.5. Implementasi
Implementasi
website ini akan dilakukan secara langsung. Jadi website akan langsung
diterapkan.
7.6. Dokumentasi
Tahap
dokumentasi dilakukan selama proses pengembangan website ini. Dokumentasi dilakukan
untuk mencatat kemajuan proyek, pedoman operasional dan laporan proyek.
8.
Jadwal
Penelitian
|
No
|
Kegitan
|
Sep
2014
|
Okt
2014
|
Nov
2014
|
Des
2014
|
Jan
2015
|
|
|
|
|||||||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||
|
1
|
Pengumpulan
Data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Analisis
dan Desain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
3
|
Pembangunan
Program
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
4
|
Pengujian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
5
|
Implementasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
6
|
Dokumentasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
9.
Daftar
Pustaka
Chirstanto,W.,
Prasida, S., Fibriani, C., 2011, Perancangan dan Implementasi Sistem Reservasi Foodcourt Berbasis web dengan
Memanfaatkan Koneksi Wifi, Naskah Publikasi,
Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Damanik,
Erikson.,2011, Pengembangan Aplikasi Reservasi Kamar Hotel Berbasis Web, Naskah Publikasi, Sekolah Tingi
Manajemen informatika dan Komputer (STMIK) Mikroskil Medan.
Jumatika,
Edy.,2013, Sistem Informasi Reservasi Kamar Online Pada Wisma Tapak Gajah
Sabang Menggunakan PHP dan MYSQL, Naskah
Publikasi, Sekolah Tingi Manajemen informatika dan Komputer (STMIK)
U’budiyah Banda Aceh.

0 comments:
Post a Comment