Saturday, February 28, 2015

Riset Teknologi Informasi

Tugas Mata Kuliah Riset Teknologi Informasi
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI RESERVASI GEDUNG PERNIKAHAN BERBASIS WEBSITE
(studi kasus :  Tarub wedding organizer)



1.      Latar belakang
Wedding organizer adalah suatu jasa khusus yang secara pribadi membantu calon pengantin dan keluarga dalam perencanaan dan supervisi pelaksanaan rangkaian acara pesta pernikahan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
Tarub wedding organizer hadir untuk membantu memenuhi kebutuhan dalam persiapan pesta pernikahan, awal berdirinya Tarub wedding organizer pada 12 desember 2012,  pada saat itu sedang mengerjakan penikahan masal yang dilakukan secara professional . Sekarang ini, Tarub wedding organizer sangat memerlukan sebuah website yang dapat melakukan reservasi dengan mudah, efisien, juga bermanfaat bagi Tarub wedding organizer maupun pelanggannya.
Selama ini di Tarub wedding organizer belum mempunyai sistem reservasi secara online. Permasalahan yang ada pada Tarub wedding organizer dalam melayani pelangganya untuk melakukan reservasi gedung pernikahan yaitu dari pihak Tarub wedding organizer sendiri yang mendatangi gedung-gedung yang ada di Yogyakarta dan mengecek persediaan gedung yang kosong pada hari tertentu yang dibutuhkan oleh pelangannya.
Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk membantu dalam membuat suatu website reservasi gedung pernikahan yang mampu digunakan secara online untuk memudahkan dalam memilih gedung pernikahan, melakukan reservasi secara online, dan dapat menampilkan daftar orang yang telah melakukan reservasi gedung pernikahan secara online dipihak Tarub wedding organizer.
2.      Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang didapat dari latar belakang diatas yaitu bagaimana menciptakan sebuah website yang mampu memudahkan orang dalam melakukan reservasi gedung pernikahan secara online, dapat menampilkan daftar orang yang telah melakukan reservasi gedung pernikahan secara online dipihak Tarub wedding organizer.    
3.      Batasan Masalah
Batasan-batasan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.       Pengunjung website dapat melakukan reservasi gedung.
b.      Pengunjung website dapat menentukan jadwal penggunaan gedung.
c.       Pengunjung website melihat gedung beserta deskripsinya.
d.      Administrator web melakukan pengelolaan atau management website.



4.      Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah website yang mampu memudahkan orang dalam melakukan reservasi gedung pernikahan secara online, dapat menampilkan daftar orang yang telah melakukan reservasi gedung pernikahan secara online dipihak tarub wedding organizer.
5.      Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi instansi. Mafaat-mafaat tersebut antara lain:
a.       Untuk administrator Tarub wedding organizer, diharapkan website ini akan mempermudah pekerjaan mereka terutama yang berkaitan dengan reservasi gedung pernikahan dan menggetahui daftar orang yang telah melakukan reservasi.
b.      Untuk pengunjung website ini yaitu dapat memilih gedung pernikahan sesuai dengan fasilitas dan memudahkan dalam melakukan reservasi gedung.
6.      Kajian Hasil Penelitian
Chistanto, dkk (2011) melakukan sebuah penelitian dengan membuat sebuah sistem resevasi foodcourt berbasis web dengan koneksi wifi. Sistem ini digunakan untuk melakukan reservasi dan mengecek ketersedian menu. Cara kerja sistem yaitu, waitress melakukan new order sampai masakan selesai diproses dan disajikan, hingga akhirnya pelanggan melakukan transaksi pembayaran di kasir.
Damanik (2011) juga melakukan sebuah peneliltian dengan membuat aplikasi reservasi kamar hotel berbasis web untuk memberikan informasi tentang layanan hotel yang tersedia seperti: mencari informasi hotel,dan ketersediaan kamar hotel yang dikunjungi. Aplikasi ini juga membuat bebagai macam laporan untuk membantu petugas front office  dalam menangani keadaan kamar yang dipesan oleh tamu, ataupun pengunjung hotel, atau membantu manager hotel untuk memantau operasional atau kemajuan hotel secara cepat dan tepat. Cara kerja sistem yaitu pelangan melakukan pemesanan kamar hotel melalui website. Kemudian pelanggan melakukan pembayaran dan mencetak bukti pembayaran hingga akhirnya resepsionis melakukan konfirmasi pemesanan.
Jumatika (2013) melakukan sebuah penelitian dengan membuat sistem informasi reservasi kamar hotel online pada wisma tapak gajah menggunakan php dan mysql. Sistem  ini berfungsi untuk lebih memudahkan resepsionis dalam pengolahan data reservasi dan mempermudah pengguna untuk memesan kamar tanpa harus pergi ketempat penginapan. Cara kerja sistem yaitu pelangan melakukan pemesanan kamar hotel melalui website lalu resepsionis melakukan konfirmasi pemesanan. Hingga akhirnya pelanggan melakukan pembayaran dan mencetak bukti pembayaran.
Pada penelitian yang akan dilakukan ini, basis sistem yang akan digunakan sama seperti yang digunakan pada penelitian-penelitian di atas, yaitu menggunakan basis website dan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan pada database server menggunakan MySQL. Kemudian yang menjadi pokok permasalahan pada penelitian ini juga sama seperti penelitian sebelumnya yaitu menangani masalah reservasi secara online. Tapi pada penelitian ini, masalah yang ditangani selain reservasi secara online yaitu menangani jadwal penggunaan gedung.
7.      Metodologi Penelitian
Pengembangan website pada penelitian ini menggunakan proses-proses sebagai berikut :
7.1.   pengumpulan data dilakukan untuk mendapatkan data yang akan digunakan dalam proses pembuatan website. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu :
a.       Wawancara
Wawancara dilakukan secara langsung kepada 2 orang yaitu Arfati sebagai Project dan External manager pada Tarub Wedding Organizer, dan Prima sebagai Internal manager  yang mengelola  IT. Dengan wawancara ini akan diperoleh data tentang kebutuhan sistem yang sesuai dengan keinginan pengguna website.
b.      Observasi
Observasi dilakukan dengan cara mengamati secara langsung proses bisnis yang terjadi di Tarub Wedding Organizer. Pada tahap observasi ini akan didapatkan data berupa alur kerja yang akan digunakan pada aplikasi yang akan dibangun.
c.       Studi literatur
Pengumpulan data juga dilakukan melalui studi literatur dengan membaca buku,jurnal, dan beberapa referensi lain yang akan digunakan untuk membantu proses pembuatan website. Data-data yang diperoleh dengan studi literature misalnya materi tentang Reservasi,PHP,MySQL, dan lain-lain.
7.2.   Analisis dan Desain
Setelah dilakukan proses pengumpulan data, tahap selanjutnya yaitu tahap analiasis dan desain. Pada tahapan ini, data-data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi akan diolah dan dianalisis sehingga bisa ditentukan kebutuhan sistem, fitur serta fungsi yang akan ada pada website Tarub Wedding Organizer kemudian masuk tahap desain. Tahap desain tersiri dari tiga proses yaitu desain antarmuka, desain database, dan desain sistem.
a.       Desain antaramuka
Desain antarmuka dilakukan untuk membuat suatu rancangan antarmuka yang baik, dan sesuai dengan apa yang diminta pengguna website.
b.      Desain database
Desain database dilakukan untuk merancang table-tabel yang akan digunakan untuk menyimpan data yang dibutuhkan website ini. Beberapa tabel yang digunakan misalnya tabel reservasi untuk menyimpan data pesananan, tabel user untuk menyimpan data user (administrator)  beserta akun yang digunakan karyawan untuk masuk ke website.
c.       Desain sistem
Desain sistem dilakukan dengan membuat Unified Modelling Language dengan beberapa diagram seperti Use Case Diagram, Class Diagram Diagram, dan Activity Diagram.  
7.3.   Pembangunan Program
Setelah melalui tahap analisis dan desain, tahap berikutnya yaitu tahap pembangunan program guna merealisasikan analisis dan desain tersebut ke dalam sebuah bentuk website nyata. Untuk membangun program tersebut menggunakan tools sublime text 3, Apache, serta database server menggunakan MySQL.
7.4.   Pengujian
Setelah website selesai direalisasikan melalui tahap pembangunan program, maka perlu dilakukan pengujian. Tahapan ini dilakukan untuk mengetahui apakah sistem yang dibuat telah memenuhi fungsi-fungsi bisnis  pada tahap analisis dan desain.    
7.5.   Implementasi
Implementasi website ini akan dilakukan secara langsung. Jadi website akan langsung diterapkan.
7.6.   Dokumentasi
Tahap dokumentasi dilakukan selama proses pengembangan website ini. Dokumentasi dilakukan untuk mencatat kemajuan proyek, pedoman operasional dan laporan proyek.
8.      Jadwal Penelitian
No
Kegitan
Sep 2014
Okt 2014
Nov 2014
Des 2014
Jan 2015



1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1
Pengumpulan Data





















2
Analisis dan Desain





















3
Pembangunan Program





















4
Pengujian





















5
Implementasi





















6
Dokumentasi






















9.      Daftar Pustaka
Chirstanto,W., Prasida, S., Fibriani, C., 2011, Perancangan dan Implementasi Sistem Reservasi Foodcourt Berbasis web dengan Memanfaatkan Koneksi Wifi, Naskah Publikasi, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Damanik, Erikson.,2011, Pengembangan Aplikasi Reservasi Kamar Hotel Berbasis Web, Naskah Publikasi, Sekolah Tingi Manajemen informatika dan Komputer (STMIK) Mikroskil Medan.

Jumatika, Edy.,2013, Sistem Informasi Reservasi Kamar Online Pada Wisma Tapak Gajah Sabang Menggunakan PHP dan MYSQL, Naskah Publikasi, Sekolah Tingi Manajemen informatika dan Komputer (STMIK) U’budiyah Banda Aceh.


0 comments:

Post a Comment